Senin, 11 Juli 2011

facebook vs google+

seperti yang kita tau facebook adalah jejaring sosial terbesar saat ini.. mengalahkan friendster yang pada saat itu berkuasa di ikuti my space.. tapi baru-baru ini google telah merilis jejaring sosial juga.. yang intinya akan bersaing dengan facebook..

facebook


facebook pada awalnya di buat untuk kepentingan kampus semata.. namun akhirnya menyebar luas di seluruh penjuru dunia.. namun untuk saat ini facebook mengalami kekhawatiran yang luar biasa saat google mulai merilis jejaring sosialnya.. untuk itu mark selaku pendiri facebook sudah menyiapkan senjata ampuh untuk melawannya.. tetapi juga tidak menghilangkan kesederhanaan dari facebook..


facebook telah bekerjasama dengan skype, facebook menghadirkan fitur video call.. seperti yang biasa saya gunakan untuk telepon atau video call sama temen di luar negeri.. keliatannya ini senjata ampuh untuk melawan google.. tapi statusnya masih coming soon.. mungkin akan release bersamaan dengan google+..

the google+ project


saat ini masih dalam proses trial untuk uji coba.. untuk itu bagi yang ingin bergabung harus ada invitation dari orang yang sudah bergabung.. dan saya bisa masuk karena dapat invite dari teman saya.. syaratnya cukup mudah yaitu harus memiliki akun gmail.. karena ini menyangkut semua ke yang behubungan dengan gmail.. seperti blogger, picasa, google buzz, dll. banyak fitur yang menjanjikan pada masa trial ini, salah satunya adalah fitur video call.. mungkin karena ini facebook juga ikut menyajikan fitur video call..


fitur circles.. fitur ini untuk mengelompokkan teman kita berdasarkan pekerjaan, komunitas, sekolah, dll. jadi kita bisa dengan mudah saat berkomunikasi dengan mereka.. tinggal drag and drop pada circlesnya untuk memasukkannya.. ini sangat penting karena berhubungan dengan tampilan home saat kita ingin share sesuatu..


saat share sesuatu kita bisa memilih dengan siapa kita akan share.. dan circles tadi akan sangat membantu kita.. saat kita ingin share dengan teman sekolah, kita tinggal pilih saja teman sekolah.. maka nanti yang bisa membaca hanya teman sekolah saja.. inilah kelebihan google+ dibandingkan dengan facebook.. belum lagi fitur sparks yang memberikan info tentang hobi kita..

google+ terlihat sangat menjanjikan walaupun masih dalam waktu trial.. mungkin untuk kedepannya akan ada banyak inovasi dari google.. dan google akan makin perkasa di dunia internet.. untuk facebook, entahlah.. kalau tidak bisa menciptakan inovasi baru, mungkin nasibnya akan sama seperti friendster.. tapi who knows, tinggal user yang menentukan.. ingin memperkaya google atau mark..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar