Minggu, 10 Juli 2011

install win 7 di osx via bootcamp

syukur alhamdulillah rasanya bisa mencicipi OSX.. yahh karena karena selain harganya yang bisa bikin sakit hati, ada hal lain yang memang ga bisa di lakukan oleh windows.. tapi di sisi lain ada juga software yang ga bisa di pakai di OSX.. memang ada laternatif lain untuk software yang di butuhkan, namun ada yang ga bisa tergantikan oleh OSX..

disini saya akan menjelaskan tentang instalasi win 7 pada OSX.. ada 3 cara alternatif instalasi win 7 pada OSX.. yaitu virtualisasi dekstop, running windows tapi tanpa windows, dan terakhir bootcamp.. yang pernah saya pakai bootcamp dan running windows tanpa windows via crossover, tapi menurut saya aplikasi ini berat.. terlalu banyak makan memory.. untuk itu yang paling oke sih menurut saya install windows via bootcamp.. karena disini semua hardware mac bisa bekerja maksimal pada windows.. tapi kelemahannya harus restart macbook terlebih dahulu..

oke langsung saja, yang perlu di siapkan antara lain
1. dvd windows 7
2. dvd mac OSX instalation

step by step
1. pertama masuk dulu ke utilities - bootcamp assistant, disini kita buat partisi untuk windowsnya..
klik start instalation..
2. setelah itu tentukan kapasitas dari partisiannya dengan drag ajah kanan atau kiri..ukuran partisi terserah tinggal disesuaikan dengan kebutuhan.. disini saya pake 70 GB karena instalasi game..
klik partition..
3. setelah partition harddisk selesai, masukkan dvd windows 7 dan kemudian klik continue dan macbook akan restart dengan sendirinya.. saat mulai masuk ke menu instalasi, klik advanced instalation.. kemudian  pilih partisi BOOTCAMP letaknya paling bawah.. disini windows tisak bisa menginstal, oleh karena itu harus di format dulu.. tapi sekali lagi ingat, hanya format partisi bootcamp jangan yang lainnya.. setelah fomat klik install.. tunggu hingga selesai..
4. setelah selesai perhatikan gambar berikut,
perhatikan grafisnya.. terlihat sangat kasar dan penggunaan touchpad agak kurang nyaman.. hal ini di karenakan driver yang di butuhkan hardware belum terinstal..
5. masukkan dvd installer mac OSX, dan ikuti step gambar berikut ini..

klik next dan tunggu hingga selesai..
6. setelah selsesai,
klik finish dan restart macbook..
7. and tadaaaaaa... it's done..
restart windows untuk kembali ke OSX..

selesai sudah proses instalasinya.. untuk saat ini default startup menjadi windows.. untuk menggantinya tinggal masuk ke OSX saja.. kemudian menuju ke system preferences - start up disk - klik macintoshHD.. untuk pemilihan OS saat booting tinggal tekan tombol option pada keyboard setelah bunyi "jreng"..

iseng-iseng nih kalo masuk dxdiag

that's all.. semoga membantu..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar